• jasa shms di indonesia
  • weigh in motion supplier indonesia
Buka Web SPI

Jasa SHMS di Indonesia

Jasa SHMS di Indonesia

Dalam proyek konstruksi bangunan-bangunan berskala besar, peran jasa SHMS sangatlah vital. Begitu juga dengan jasa shms di indonesia yang di masa-masa mendatang akan semakin sering dibutuhkan. Berbagai proyek pembangunan infrastruktur, fasilitas publik, dan sebagainya harus dirancang dan dipersiapkan demi keamanan dan kenyamanan setelah semua bangunan atau fasilitas itu digunakan masyarakat.

Sebenarnya apa SHMS itu dan bagaimana praktik pelayanannya di Indonesia?. Berikut ini adalah penjelasannya.

SHMS

Kita awali dengan menjawab apa itu SHMS?. Merupakan singkatan dari Structural Health Monitoring System. Istilah ini merujuk pada sebuah sistem atau metode untuk melakukan monitoring/pemantauan pada proses konstruksi untuk mengidentifikasi kondisi dan risiko keamanan dari struktur geoteknik supaya data yang diperoleh itu dapat dijadikan pertimbangan untuk persiapan proyek pembangunan.

SHMS digunakan di berbagai area konstruksi seperti jembatan, dermaga, tebing, area penambangan, saluran pipa, bangunan industri, bangunan hunian, bangunan komersil, terowongan, bendungan, reaktor nuklir, dan setiap area yang hendak didirikan bangunan dengan konstruksi berat.

Peran SHMS sangat vital khususnya selama proses konstruksi untuk menemukan hipotesis yang nantinya berpengaruh pada mutu desain dan konstruksi bangunan. Sistem ini menggunakan teknik pengamatan dan uji verifikasi demi menentukan kelayakan sebuah area dan aplikasi struktur yang hendak didirikan di atasnya. Hasil dari SHMS juga akan dijadikan bahan evaluasi material dan teknologi yang akan dipakai selama proses konstruksi sekaligus dapat dipantau selama periode yang ditentukan.

Baca juga: weigh in motion supplier in Indonesia

Tujuan Penerapan Jasa SHMS di Indonesia


Kalau diuraikan dalam beberapa poin utama, ada 4 tujuan mengapa SHMS wajib dibutuhkan. Yaitu untuk memantau secara intensif kondisi mutu struktur dan resiko keamanannya, mengidentifikasi setiap gejala tak wajar yang bisa terjadi pada struktur, mendokumentasikan catatan perilaku beban dari struktur atau pondasi, dan menjadi bahan analisis kebijakan demi keamanan dan perawatan struktur.

Monitoring Kondisi Mutu Struktur Kondisi kesehatan struktur area harus diawasi secara intensif supaya pada saat implementasi proyek bangunan tidak terjadi masalah yang berdampak pada risiko instalasi bangunan. Proses monitoring ini harus dikerjakan secara cermat dari sebuah tim yang khusus dengan perangkat dan aplikasi mutakhir.

Identifikasi Gejala Tak Wajar

Adakah risiko gejala tak wajar yang berpotensi menimbulkan kerusakan bangunan dan bahkan bisa jadi membahayakan kawasan sekitar? Inilah tujuan diterapkannya SHMS demi menemukan risiko gejala tak wajar bahkan dari peluang yang sangat kecil sekali pun.

Pencatatan Beban Struktur

Struktur bangunan yang memberikan beban ke tanah dan area di sekitarnya akan semakin terpengaruh oleh faktor durasi dan apalagi perubahan cuaca, iklim, suhu, hingga risiko bencana. Jasa SHMS di Indonesia bertujuan melakukan pencatatan setiap perilaku beban yang dikirim oleh struktur.

Bahan Analisis Kebijakan

Semua dokumen yang direkam dan dicatat selama proses jasa SHMS di Indonesia akan jadi pijakan keputusan demi mencegah segala hal yang tak diinginkan selama proses konstruksi, penggunaan, dan pemeliharaan.

Indonesia memiliki banyak sekali area yang rawan bencana atau kondisi struktur geoteknik yang tidak bisa dipasangi instalasi pondasi bangunan begitu saja. Kebutuhan memantau dan menganalisis itu akan terus berlanjut selama periode yang ditetapkan, serta akan diperbarui berdasarkan konteks perubahan tekstur area. Empat tujuan di atas menjadi patokan untuk uji kelayakan dari rencana struktur dan pondasi di sebuah area.

Apa Saja Yang Diuji dalam Jasa SHMS Di Indonesia

Pengujian yang dilakukan dalam proses SHMS akan membidik pada beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut ialah dampak atau pengaruh dari area sekitar pada struktur, distribusi gaya selama struktur menampung beban, mengecek getaran pada struktur pondasi, pengujian loading dinamis dan statis.

Contoh-contoh Penerapan SHMS di Indonesia



Proyek pembangunan di berbagai wilayah Indonesia terus berlanjut dan bertahap. Beberapa contoh penerapan SHMS di kawasan Indonesia meliputi konstruksi jembatan, saluran pipa, bangunan, terowongan, bendungan, penambangan, tebing, hingga beragam fasilitas storage. Di bawah ini kita uraikan sekilas bagaimana contoh penerapan SHMS itu dilakukan.

Konstruksi Jembatan

Struktur dan pondasi jembatan wajib dipantau secara cermat karena banyak faktor yang bakal mempengaruhi kualitas keamanan. SHMS diterapkan untuk mengumpulkan data berbagai parameter yang terkait kesiapan konstruksi jembatan seperti kerugian pratekan, pergeseran absolut dan relatif, rata-rata saring, rata-rata regangan geser, rata-rata kelengkungan, suhu, kemiringan, bentuk kecacatan, keretakan, pemukiman, dan Lain-lain.

Dan untuk alat pengukur dibidang ini biasanya di sebut timbangan dinamis atau weigh in motion. Weigh in motion ini dapat mengukur beban yang diterima oleh jembatan tersebut ketika ada truck yang melewatinya, misalnya seperti itu.

Konstruksi Saluran Pipa

Kelambatan deteksi pada saluran pipa yang bocor atau retak sangat membahayakan. Sistem ini akan melakukan monitoring yang mampu mendeteksi secara cepat dan akurat menggunakan sejumlah parameter. Menggunakan Smart Pipeline Instrumentation and Structural Health Monitoring, semua jenis parameter yang dipakai meliputi distribusi tekanan, analisis deformasi, anomali suhu, stress & mechanical fatigue, pergerakan pipa, korosi, aliran fluida, dan lain-lain. Dengan diterapkannya SHMS ini bisa mengantisipasi dan mencegah risiko kerusakan pipa yang sangat membahayakan.

Konstruksi Bangunan

Bangunan yang dimaksud adalah tipe yang kompleks seperti stadion, monumen, kawasan bersejarah, hotel, mall, dan sebagainya. Setiap area atau lingkungan punya pengaruh yang kuat pada kualitas kondisi setiap jenis bangunan tersebut. Terutama lagi akibat faktor alam seperti suhu, cuaca, dan sejenisnya yang dampaknya akan terlihat pada material konstruksi, pondasi, serta struktur dan ukuran geometri.

Sistem akan secara rutin menampilkan data demi tujuan pemeliharaan dan tindakan preventif kerusakan. Setiap tindakan penggantian atau perbaikan bangunan akan ditentukan berdasarkan hasil analisis dari sistem itu. Kualitas material dan aplikasi teknologi bangunan juga bisa diketahui lewat penerapan SHMS ini.

Konstruksi Terowongan Aman Berkualitas



Proyek konstruksi terowongan akan dianalisis menggunakan sejumlah parameter penting seperti tekanan di segmen lapisan, beban yang diangkat oleh terowongan, konvergensi, penyelesaian tanah, deformasi bangunan yang berdekatan, serta tekanan air. Kekuatan struktur dan material terowongan juga akan dianalisis sedetail mungkin lewat penerapan sistem ini.
Kualitas bendungan akan dianalisis berdasarkan beberapa parameter kunci seperti tekanan, suhu, deformasi, keretakan, tekanan air, level air, dan aliran air. Faktor lingkungan di sekitar bendungan sangat besar pengaruhnya sehingga pemantauan wajib dilakukan dari saat konstruksi, pembangunan, dan operasional.

Konstruksi Penambangan

Struktur area penambangan selalu rawan dan dinamis. Area yang sifatnya rapuh tentu sangat membahayakan bagi konstruksi dan para pekerjanya. SHMS menerapkan sistem monitoring yang ketat dengan sejumlah parameter seperti tekanan pori, muatan variasi dalam jangkar, deformasi, konvergensi, tekanan massa batuan, gerakan lateral dan vertikal, dan lain-lain.

Tebing

Indonesia memiliki banyak akses jalan yang rawan berdekatan dengan ngarai atau tebing. Pembangunan jalur-jalur akses itu wajib menganalisis segala risiko seperti longsor, tekanan udara, erosi, pergerakan landai, dan sebagainya.

Fasilitas Storage

Fasilitas ini akan dianalisis berdasarkan beberapa parameter vital seperti permukiman tanah, defleksi, suhu, perpindahan vertikal dari tangki bagian dalam, pengujian hidro, penataan tangki, dan sebagainya. Kesiapan bangunan ditentukan dari ukuran serta bobot yang diamati berdasarkan luas area serta kondisi lingkungan di sekitarnya.

PT. Struktur Pintar Indonesia (SPI)
Weigh in motion supplier Indonesia
Gedung Menara Kadin Lt. 30
Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 2-3,
Jakarta Selatan 12950
Telephone : +62 21 52921129
Faximile : +62 21 52921130