• jasa shms di indonesia
  • weigh in motion supplier indonesia
Buka Web SPI

Distributor Timbangan WIM Akurat

Distributor Timbangan WIM Akurat

Distributor timbangan WIM akurat - Perangkat Weigh in Motion atau Weighing in Motion (WIM) dirancang untuk menangkap dan merekam bobot as kendaraan, atau bobot kotor kendaraan saat kendaraan melintas di atas situs pengukuran.

Tidak seperti timbangan statis, sistem WIM  mampu mengukur kendaraan yang melakukan perjalanan dengan kecepatan lalu lintas yang berkurang atau normal dan tidak memerlukan kendaraan untuk berhenti. Ini membuat proses penimbangan lebih efisien, dan dalam kasus kendaraan komersial, memungkinkan truk di bawah batas berat untuk melewati timbangan statis atau inspeksi.

Sulitnya untuk melakukan hal ini bisa juga dibantu oleh distributor weigh in motion supplier Indonesia yang bisa melakukan pengukuran secara tepat sesuai kebutuhan. PT SPI.

Distributor Timbangan WIM Akurat di Indonesia untuk aplikasi jalan

WIM atau timbangan dinamis sering digunakan sebagai bagian dari stasiun inspeksi pinggir jalan tradisional, atau sebagai bagian dari stasiun peninjauan virtual. Khusus untuk beban kotor truk dan pemantauan berat as berguna dalam berbagai aplikasi termasuk di dalamnya seperti:

·         Desain, pemantauan, dan penelitian beton

·         Desain, pemantauan, dan penelitian jembatan

·         Penegakan ukuran dan berat, kamera terintegrasi untuk identifikasi kendaraan otomatis

·         Tol berdasarkan berat

·         Perundang-undangan dan peraturan

·         Administrasi dan perencanaan

Beberapa tahun terakhir telah banyak bermuculan beberapa sistem weigh in motion khusus. Salah satu contoh populer adalah berat untuk truk sampah garpu depan. Dalam aplikasi ini, sebuah kontainer ditimbang, saat terisi penuh, saat pengemudi mengangkat beban, dan kemudian saat kosong, dan ketika kontainer dikembalikan ke tanah. Perbedaan antara bobot penuh dan kosong sama dengan berat isi.

Weigh in free flow merupakan sistem yang dapat secara akurat menimbang kendaraan di jalan raya yang lebar secara independen dari posisi roda segera setelah penyeberangan. Sistem ini memberi solusi untuk keterbatasan teknologi weigh in motion di jalan-jalan seperti misalnya tidak cukup pengukuran di akhir jalan.

Solusi weigh in free flow ini dimungkinkan berkat penggunaan sensor penimbangan optik yang menutupi lebar penuh jalan dan dipasang dalam satu atau dua jalur untuk akurasi setinggi mungkin. Sistem ini tidak mungkin untuk dihindari dan oleh sebabnya disebut sebagai generasi baru dari weigh in motion.

Sistem dasar aplikasi jalan

Sistem dasar weigh in motion untuk aplikasi jalan terdiri atas enam sistem, yaitu sensor, charge amplifier, loop induktif, sistem pengukuran, komunikasi, dan pengarsipan data.

·         Sensor
Sistem weigh in motion dapat menggunakan berbagai jenis sensor untuk pengukuran. Kuantitas yang paling penting untuk diukur adalah gaya vertikal, tanpa pengaruh kekuatan di arah lain atau kecepatan kendaraan yang lewat. Sensor gaya dengan kristal kuarsa merupakan yang paling kaku dan hanya mengukur satu arah sepanjang sumbu vertikal. Ketika gaya diterapkan ke permukaan atas sensor, kristal kuarsa menghasilkan muatan listrik yang sebanding dengan gaya yang diterapkan. Sinyal adalah muatan listrik impedansi yang sangat tinggi, yang tidak rentan terhadap gangguan listrik.

·         Charge amplifier
Sinyal muatan impedansi tinggi diamplifikasi dengan amplifier biaya berdasarkan MOSFET dan dikonversi ke output tegangan, yang terhubung ke sistem analisis.

·         Loop induktif
Loop induktif akan menentukan masuk dan keluarnya kendaraan dari pusat WIM atau timbangan dinamis. Sinyal-sinyal ini digunakan sebagai pemicu input untuk memulai dan menghentikan pengukuran dan memulai total berat kendaraan kotor dari setiap kendaraan. Untuk aplikasi gerbang tol atau kecepatan rendah, loop induktif dapat digantikan oleh jenis sensor kendaraan lain seperti tirai cahaya, sensor as atau yang lainnya.

·         Sistem pengukuran
Sistem pengukuran kecepatan tinggi diprogram untuk melakukan perhitungan parameter dari jarak sumbu, bobot as individu, berat kotor kendaraan, kecepatan kendaraan, jarak antar kendaraan, dan waktu tersinkronisasi GPS untuk setiap pengukuran kendaraan. Sistem pengukuran harus terlindungi, dan memiliki rentang temperatur operasi yang luas serta tahan terhadap kondensasi.

·         Komunikasi
Berbagai metode komunikasi perlu dipasang pada sistem pengukuran. Modem atau modem seluler dapat disediakan. Jika tidak ada infrastruktur komunikasi, sistem weigh in motion dapat beroperasi sendiri saat menyimpan data, untuk kemudian secara fisik mengambilnya.

·         Pengarsipan data
Sistem WIM atau timbangan dinamis yang terhubung dengan sarana komunikasi apa pun yang tersedia, dapat dihubungkan ke server pemantauan pusat. Perangkat lunak pengarsipan data otomatis diperlukan untuk mengambil data dari banyak stasiun weigh in motion jarak jauh agar tersedia untuk melakukan proses lebih lanjut. Pusat data dapat dibangun untuk menghubungkan banyak WIM ke server untuk berbagai tujuan pemantauan dan penegakan hukum.

Baca juga: Jasa analisa kesehatan struktur jembatan

Distributor Timbangan WIM Akurat di Indonesia untuk aplikasi rel kereta

WIM atau timbangan dinamis juga merupakan aplikasi umum dalam transportasi kereta api. pengaplikasian yang dikenal antara lain perlindungan aset (ketidakseimbangan, kelebihan muatan), manajemen aset, perencanaan perawatan, perundang-undangan dan peraturan, serta administrasi dan perencanaan.

Ada dua bagian utama untuk melakukan sistem pengukuran: komponen track-side, yang berisi perangkat keras untuk komunikasi, daya, komputasi, dan akuisisi data, serta komponen yang dipasang di rel, yang terdiri dari sensor dan pemasangan kabel. Prinsip-prinsip sensor yang dikenal meliputi pengukur regangan, sensor serat optik, load cell, dan sistem berbasis laser.

Kereta ditimbang, baik di jalur utama atau di pelataran. Sistem WIMyang dipasang pada jalur utama mengukur berat lengkap (distribusi) kereta saat mereka lewat pada kecepatan jalur yang ditentukan. Oleh karena itu, WIM atau timbangan dinamis pada garis utama juga disebut sebagai “penimbangan gerakan berangkai”, dimana semua kereta digandengkan.

Weigh in motion di pekarangan biasanya mengukur gerbong individu. Ini membutuhkan rel yang terlepas pada kedua ujungnya untuk menimbang. Oleh karenanya, WIMdi pelataran juga disebut sebagai “penimbangan gerakan tidak berangkai”. Sistem yang dipasang di pelataran biasanya bekerja dengan kecepatan lebih rendah dan memiliki akurasi yang lebih tinggi.

Distributor Timbangan WIM Akurat di Indonesia untuk aplikasi udara

Beberapa bandara menggunakan penimbangan pesawat terbang, di mana pesawat pengukuran melintasi beban, dan beratnya diukur. Beratnya kemudian dapat digunakan untuk berkorelasi dengan entri log pilot, untuk memastikan terdapat cukup bahan bakar, dengan sedikit margin untuk keamanan.

Ini telah digunakan selama beberapa waktu untuk menghemat bahan bakar jet. Juga, perbedaan utama dalam platform ini, yang pada dasarnya merupakan aplikasi “transmisi berat”, disebut dengan checkweigher, atau dikenal sebagai skala dinamis atau skala dalam gerakan.

Distributor Timbangan WIM Akurat di Indonesia

Kebutuhan untuk melakukan pantauan tentang muatan kendaraan di jalan raya juga semakin meningkat yang tentu saja berfungsi untuk mengendalikan kendaraan yang memiliki kelebihan berat beban, yang nantinya bisa menjadikan biaya pemeliharaan yang terhitung tinggi.

Penggunaan peralatan weigh in motion di Indonesia juga merupakan pilihan yang tentu saja tepat. Karena dalam penggunaannya sudah pasti tidak akan mengganggu aktivitas sibuknya lalu lintas.

Para distributor timbangan WIM akurat di Indonesia juga pastinya telah memiliki pengalaman yang tinggi. Aspek ini penting untuk pemilihan weigh in motion supplier yang bisa diandalkan.Dari segi efisiensi waktu serta biaya pemeliharaan yang terjangkau untuk diaplikasikan di jalanan besar.

Data-data dari berbagai pantauan lalu lintas yang diterapkan dilengkapi dengan gambar, yang kemudian akan dikumpulkan dan bisa langsung dikirim secara real-time dengan mudah ke pusat pemantauan untuk kemudian dilakukan analisis lanjutan.

Teknologi pengukuran dinamis ini juga tak hanya bisa dilakukan di jalan raya saja. Distributor timbangan WIM akurat di Indonesia juga mampu melakukannya di pelabuhan, maupun penambangan.

Weigh in Motion Supplier´╗┐ In Indonesia

Aplikasi yang dijalankan oleh distributor timbangan WIM akurat di Indonesia ini menjadi sarana untuk menimbang di pelabuhan secara andal, efisien, serta aman. Selain itu, weigh in motion supplier Indonesia juga menyediakan jasa untuk biaya akses lintasan kereta api, khususnya saat operator kereta api memisahkan diri dari lembaga, namun ingin mempertahankan kereta api tersebut. Aplikasi ini bisa membantu untuk memeriksa keselamatan, roda yang rusak, hingga kondisi beban yang mungkin tidak rata.

PT Struktur Pintar Indonesia
Distributor Timbangan Dinamis